Batu garut merupakan hasil galian dari kecamatan bungbulang

18.42
Batu Pancawarna Darson
Ada dua jenis batu akik dari kabupaten garut yang sangat penomenal yaitu batu hijau dan batu pancawarna. yang paling terkenal di dalam batu hijau garut adalah batu ohen, sedangkan batu pancawarnanya adalah batu yang disebut batu edong (pancawarna edong).

Batu hijau ohen terkenal pada tahun 1980 ditemukan oleh bapa ohen, batu ini memiliki kekerasan 8 mohs (topaz), dengan warna hijau kristal yang sangat pekat, batu ohen harganya cukup mahal, size kantor ukuran 18 x 15x 10 mm harganya kisaran 25 jutaan. tetapi saat ini batu asli galian ohen sudah langka bahkan sulit ditemukan.

Batu pancawarna edong terkenal pada tahun 1984 ditemukan oleh bapa edong, batu ini juga sama memiliki kekerasan 8 mohs (topaz) dengan kombinasi warna yang sangat indah. Ciri khas warna batu pancawarna edong memiliki warna putih, hitam, merah cabe, orange, hijau. Harganyapun cukup mahal bahkan lebih mahal dari batu hijau ohen.

Pada tahun 2010 terdapat galian baru di kabupaten garut diantaranya:
-       Batu galian darson, batu ini ditemukan oleh bapa darson yang ber alamat di kampung gadog desa mekarjaya kecamatan bungbulang kabupaten garut. Batu hijau darson dan pancawarna darson tidak kalah keren dibanding dengan batu hijau ohen dan pancawarna edong. 
-       Batu galian ciangel tepatnya di hutan ciangel kecamatan bungbulang kabupaten garut. Batu ini lebih mirip dengan batu pancawarna edong dengan warna yang pekat dengan lima warna yang terang sehingga orang menyebutnya batu edong asli. Memang tidak menyalahkan kalo batu ini mirip galian edong sebab lokasi ciangel dengan galian edong sangat dekat hanya terpisah oleh sungai.




Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Unknown
AUTHOR
30 Oktober 2016 pukul 05.28 delete Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
avatar